Senin, 26 Oktober 2020

Pengertian dan Ciri-ciri Reklame

TEMA  4                :  GLOBALISASI

SUBTEMA             :  1. Globalisasi di Sekitarku

PEMBELAJARAN   :  2. SBdP – Matematika - PPKn

TANGGAL             :  ...................................................

 

Muatan          :  SBdP (KD 3.1 dan 4.1)

Materi            :  Pengertian Reklame dan Ciri-ciri Reklame

 

Pernahkah kamu melihat papan reklame di jalan umum ? Papan reklame  banyak ditemukan di jalan raya dan biasanya ditempel di tembok atau tempat reklame  yang sudah disediakan.

Pengertian reklame sebagai berikut.

1. Reklame adalah suatu karya seni rupa yang bertujuan untuk menginformasikan, mengajak, menganjurkan atau menawarkan produk (suatu berupa barang atau jasa) kepada konsumen dengan cara yang menarik, sehingga konsumen ingin memiliki, menggunakan atau membelinya.

2. Reklame adalah salah satu bentuk ajakan atau pemberitahuan kepada orang lain. Tujuannya adalah untuk menawarkan dan mengajak  pembaca agar mengikuti anjuran atau membeli produk yang ditawarkan dan meyakinkan bahwa barang yang ditawarkan berkualitas baik.

 

Tujuan dari reklame adalah :

1. memberikan informasi kepada khalayak atau konsumen tentang perusahaan,

    produk atau barang maupun jasa.

2. memengaruhi atau membujuk khalayak atau konsumen sehingga mereka akan mau

    melakukan pembelian

3. menciptakan kesan tertentu tentang jasa atau barang yang direklamekan

4. memberikan kepuasan tertentu sesuai dengan keinginan konsumen

5. alat komunikasi antara penjual dengan calon pembeli atau konsumen.

 

Beberapa syarat yang harus diperhatikan dalam membuat reklame yaitu ;

1. mencolok, maksudnya suatu reklame harus kelihatan mencolok agar mudah terlihat

    oleh khalayak ramai dari segi ukuran, penempatan, warna, tulisan atau gambar.

2. slogan jelas dan mudah dimengerti, maksudnya kata-kata atau kalimat-kalimat yang

    digunakan harus jelas, singkat dan mudah dimengerti oleh khalayak yang

    membacanya.

3. Menarik, maksudnya suatu reklame hendaknya menarik khalayak yang melihatnya.

    Ilustrasi menarik dan mudah diingat.

4. jujur, maksudnya reklame hendaknya mengandung pesan yang benar dan jujur

   (tidak menipu)

5. dilakukan berulang-ulang atau mempunyai jangka yang cukup lama

6. dipasang ditempat yang strategis

 

Reklame memiliki dua jenis berdasarkan tujuan pengadaannya, yaitu ;

1. Reklame komersial

Yaitu reklame yang sifatnya menawarkan barang atau produk, dan biasanya digunakan  oleh para pedagang atau untuk kepentingan bisnis. Tujuannya adalah agar mendapat keuntungan sebesar-besarnya, biasanya datang dari perusahaan atau usaha milik negara atau swasta. Misalnya mempromosikan kedai makanan.

2. Reklame nonkomersial

Yaitu

         a. reklame yang sifatnya mengajak orang lain untuk berbuat sesuatu atau

             memberi anjuran yang baik.

 

b. reklame yang dibuat untuk kepentingan sosial, yaitu mengajak,

    menghimbau, menyampaikan informasi kepada masyarakat agar bersedia

    mengikuti pesan yang disampaikan. Misalnya ajakan untuk menghemat

    energi listrik dan ajakan menanam pohon di halaman rumah.


Reklame dibedakan menjadi tiga jenis berdasarkan medianya, yaitu ;

1. reklame audio, menggunakan media suara atau bunyi tertentu.

2. reklame visual, menggunakan gambar, baik gambar diam maupun gambar bergerak

3. reklame audio visual, gabungan dari audio dan visual.

 

Ciri-ciri reklame, antara lain ;

1. berisi informasi, membujuk, atau mengajarkan masyarakat

2. menggunakan kata-kata yang menarik agar pembaca berminat dan tertarik

3. terdapat slogan di dalamnya. Slogan adalah kalimat pendek yang menarik dan

    mudah diingat oleh pembaca.

4. terdapat gambar atau ilustrasi untuk membuat reklame lebih menarik

5. tata letak antara tulisan dan gambar terlihat rapi

 

Contoh reklame lainnya adalah ;

1. iklan, jenis reklame singkat yang bertujuan mempromosikan barang atau jasa dalam

    bentuk visual(tulisan dan gambar) pada media cetak atau elektronik.

2. poster, reklame berupa gambar dan tulisan pada selembaran kertas dan ditempel di

    tempat-tempat umum.

3. plakat, memiliki bentuk yang hampir sama dengan poster, hanya ukurannya yang

    lebih kecil dan biasanya ditempel ditembok atau pohon-pohon di tepi jalan.


4. Brosur merupakan reklame yang dibuat pada selembar kertas dengan isi informasi yang lebih rinci dan jelas, disampaikan dengan cara disebarluaskan secara langsung agar dibaca dan dipahami konsumen/ target.

 

5. Spanduk, memuat informasi berupa reklame komersial dan nonkomersial dibuat secara singkat dan jelas menggunakan kain yang dipasang diantara dua tiang pada tempat strategis.

 

6. Baliho, reklame yang berisi gambar/ tulisan menarik dan informatif dengan ukuran besar, ditempatkan di tempat umum dan strategis menggunakan tiang besar dan kuat dan bersifat semi permanen.

7. Billboard adalah jenis reklame yang berisi gambar atau tulisan yang menarik dan informatif dengan ukuran besar, ditempatkan pada atap dinding pertokoan atau instansi tertentu dengan sifat permanen.

 

SOAL LATIHAN BAHASA INDONESIA

TANGGAL  :  _________________

Materi       :  Reklame

 

 

Perhatikan gambar reklame di bawah ini !

 

Gambar 1.

Gambar 2.

 


 Gambar 3.


Gambar 4.




Setelah kalian amati gamabr di atas, jawablah pertanyaan di bawah ini!

1. Apa jenis reklame masing-masing gambar tersebut berdasarkan tujuan pengadaannya ?

2. Apa manfaat dari reklame tersebut?

3. Apakah masing-masing gambar sudah sesuai ciri-ciri reklame? Jelaskan!

4. Adakah perbedaan dari masing-masing reklame di atas?

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tangga Nada Diatonis Mayor dan Diatonis Minor

  Tangga Nada Diatonis Mayor Tangga nada merupakan susunan berjenjang, misalnya do, re, mi, fa, sol, la, si, do. Tangga nada diatonis terd...