Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas / Semester : VI / Ganjil
KD 3.4 : Menjelaskan titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan
Juring
Tujuan Pembelajaran : Menjelaskan dan mengidentifikasi titik pusat, jari-jari,
diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring.
LINGKARAN
Lingkaran termasuk bentuk dari bangun datar. Ada banyak benda yang berbentuk lingkaran sering kamu temui dalam kehidupan sehari-hari. Coba kamu amati gambar benda yang tampak pada gambar. Benda apa sajakah itu? Berbentuk bangun datar apakah benda itu? Ternyata, banyak hal yang berkaitan dengan lingkaran dalam kehidupan sehari-hari, bukan?
Tahunkah kamu apa yang dimaksud dengan lingkaran? Bagaimana ciri-ciri sebuah lingkaran? Apa sajakah unsur-unsur sebuah lingkaran? Pada pelajaran ini, kamu hanya mempelajari tentang lingkaran dan unsur-unsurnya.
Lingkaran adalah titik-titik pada bidatang datar yang berjarak sama terhadap suatu titik tertentu. Unsur-unsur lingkaran antara lain sebagai berikut.
LATIHAN MATEMATIKA
TANGGAL : ______________________
KD 4.4 : Mengidentifikasi titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur,
tembereng, dan juring.
Kerjakan soal-soal berikut ini dengan benar di buku latihanmu!
|
1. Perhatikan gambar dibawah ini!
Tentukan :
a) Titik pusat = garis ...
b) Jari-jari = garis ...
c) Diameter = garis ...
d) Juring = garis ...
e) Tembereng = garis ...
f) Tali busur = garis ...
g) Busur = garis ...
h) Apotema = garis ...
2) Gambarlah diameter PQ yang melewati titik pusat O pada lingkaran !
3) Gambarlah juring QOR, tali busur PR, dan apotema OS pada lingkaran !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar