Muatan : Matematika
Materi : Kubus
Tanggal : ________________________
Sekarang kalian melakukan eksplorasi untuk mengetahui rusuk, sisi, titik sudut pada kubus.
Ikutilah petunjuk berikut.
Alat-alat yang dibutuhkan dalam kegiatan ini adalah sebagai berikut.
Gunting, lem kayu atau lem sejenisnya, Alat tulis, Spidol, Double tape / selotip / lem
Bahan – bahan
- Lidi atau tusuk sate atau sedotan
- Benang kasur
- Kalender bekas
Produk yang dihasilkan adalah sebagai berikut:
Langkah-langkah membuat kerangka kubus dari lidi atau tusuk sate :
1. Siapkan lidi sebanyak 12 buah
2. Ukur semua lidi dengan panjang 15 cm
3. Potong lidi sesuai ukuran
4. Rekatkan 12 buah lidi sehingga menjadi sebuah kerangka kubus dengan
menggunakan lem.
5. Potong kalender bekas dengan ukuran 15 cm dan tulis label A, B, C, D, E, F, G, H
6. Tempelkan label tersebut pada kerangka.
Perhatikan kerangka kubus yang telah dibuat.
Dari kerangka tersebut, kita dapat menemukan ciri-ciri kubus, yaitu sebagai berikut.
a. Apakah rusuk kubus sama panjang? Jelaskan.
Jawab : _________________________________________________________
b. Ada bera banyak rusuk kubus ?
Tulislah nama rusuk-rusuk tersebut.
Jawab : rusuk AE, ________________________________________________
c. Apakah sudut kubus sama besar? Jelaskan.
Jawab : _________________________________________________________
d. Ada berapa banyak sudut kubus ? ____________________________________
Tulislah nama sudut kubus !
Jawab : ________________________________________________________
e. Apakah bidang kubus sama luas ? Jelaskan.
Jawab : _________________________________________________________
f. Berbentuk apa bidang kubus ? _______________________________________
Ada berapa banyak bidang kubus ? ___________________________________
Tulislah nama bidangnya. Bidang juga bisa disebut sisi.
________________________________________________________________
g. Buatlah gambar kubus pada kertas berpetak. Jelaskan ciri-cirinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar