Mata Pelajaran : Matematika
KD 4.3
Tujuan Pembelajaran : Menyelesaikan masalah yang berkaitan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan / atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi.
Materi : Menyelesaikan Masalah Operasi Hitung Campuran Bilangan Cacah
Operasi hitung bilangan sangat bermanfaat untukmu dalam menyelesaikan masalah dalam
kehidupan sehari-hari. Untuk menyelesaikannya, perhatikan langkah-langkah berikut :
1. Pahamilah soal cerita dengan baik
2. Tuliskan kalimat matematika dari soal cerita tersebut dengan tepat
3. Hitunglah kalimat matematika yang telah dibuat
Perhatikan contoh berikut!
1. Rini membeli 14 kantong coklat. Setiap kantong berisi 20 bungkus coklat. Coklat-coklat tersebut dibagikan kepada 40 temannya sama banyak. Berapa banyak coklat yang diterima setiap teman Rini?
Penyelesaian:
Kalimat matematika : 14 x 20 : 40 = ...
280 : 40 = 7
Jadi, banyak coklat yang diterima setiap teman Rini adalah 7 bungkus
2. Pak Dudung mempunyai 5 kandang bebek. Setaip kandang berisi 70 ekor bebek dimana 25 diantaranya merupakan bebek jantan. Pada suatu hari, semua bebek betina bertelur masing-masing 1 butir. Jika telur-telur tersebut ditempatkan dalam 15 wadah secara merata, berapa butir telur yang dapat dimuat di setiap wadah ?
Penyelesaian:
Kalimat matematika --à 5 x (70 – 25) : 15 = ...
5 x 45 : 15
225 : 15 = 15
Jadi, setiap wadah dapat memuat telur sebanyak 15 butir.
Tanggal : ......................
Latihan :
1. Hasil tangkapan ikan Kapal Baruna sebanyak 14 keranjang.
Setiap keranjang berisi 158 ekor. Ikan-ikan tersebut disetorkan
kepada 4 pedagang secara merata. Berapa ekor ikan yang diterima
setiap pedagang ?
Penyelesaian :
Kalimat matematika : ........................................................
2. Pak Hadi membeli 3 karung pupuk, setiap karung berisi 20 kg.
Kemudian, dia membeli lagi 4 karung pupuk. Setiap karung
berisi 25 kg. Pupuk tersebut kemudian digunakan untuk memupuk
tanaman sebanyak 150 kg. Berapa sisa pupuk Pak Hadi?
Penyelesaian :
Kalimat matematika : ........................................................
3. Sebanyak 1.700 dus mi instan yang masing-masing berisi 24 bungkus
akan dibagikan kepada 2.400 keluarga yang terdampak virus corona.
Jika setiap keluarga mendapat mi instan sama banyak, maka tiap
keluarga akan mendapat mi instan sebanyak ... bungkus.
Penyelesaian :
Kalimat matematika : ........................................................
4. Seorang pedagang memiliki persediaan 153 melon. Melon-melon
tersebut akan dimasukkan sama banyak ke dalam 9 keranjang. Jika berat
melon 3 kg, maka berat seluruh melon pada masing-masing keranjang
adalah ... kg
Penyelesaian :
Kalimat matematika : ........................................................
5. Pak Dani memiliki 18 karung pupuk. Setiap karung berisi 35 kg.
Jika sebanyak 7 karung pupuk telah terpakai, maka sisa pupuk
Pak Dani sekarang ada ... kg.
Penyelesaian :
Kalimat matematika : ........................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar